Apakah Susu Kambing Aman Bagi Ibu Hamil?

Pada umumnya ibu hamil sangatlah membutuhkan asupan susu yang kaya akan nutrisi agar bayi dalam kandungannya tetap sehat dan dapat tumbuh dengan baik sampai nanti dilahirkan. Nah, susu kambing merupakan susu yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil. Sebagin orang memang banyak yang beranggapan bahwa mengkonsumsi susu kambing saat masa kehamilan sangatlah berbahaya.


Apakah susu kambing aman dikonsumsi untuk ibu hamil? Ya, tentu saja sangat aman. Anggapan orang tentang mengkonsumsi susu kambing  pada saat hamil yang dapat berbahaya sangatlah tidaklah benar. Justru mengkonsumsi susu kambing pada masa kehamilan akan sangat baik untuk ibu dan janin yang ada di dalam kandungannya.sebab susu kambing sangat kaya akan kandungan nutrisi yang melimpah mulai dari vitamin A, vitamin B, vitamin B2, vitmin C, vitamin D, laktosa, nitrogen, zat besi, protein, kalsium dan fosfor.

Dengan mengkonsumsi susu kambing, kebutuhan nutrisi pada ibu hamil akan terpenuhi dan janin pun akan tetap sehat. Berikut adalah beberapa manfaat susu kambing bagi ibu hamil dan janin dalam kandungannya :

Menjaga Kesehatan Tubuh Ibu Hamil

Kandungan protein dalam susu kambing memiliki peranan sangat baik dalam menjaga kehamilan supaya tetap sehat, segar,dan bugar. Dan dengan terpenuhinya protein dalam tubuh ibu hamil, maka janin pun akan tumbuh dan berkembang dengan baik. Ibu hamil bisa mengkonsumsi susu kambing dengan takaran yang pas setiap hari secara rutin.

Membantu pertumbuhan tulang pada janin

Ibu hamil sangat membutuhkan asupan kalsium yang sangat banyak. Kandungan kalsium yang tinggi pada susu kambing sangat bermanfaat bagi janin untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi, sedangkan untuk ibu hamil kalsium sangat berguna dalam menguatkan tulang supaya dapat terhindar dari pengeropasan tulang (osteoporosis). Oleh sebab itu susu kambing sangat dianjurkan untuk ibu hamil.

Menambah Berat Badan Bayi

Kandungan vitamin D pada susu kambing sangat bermanfaat dalam menjaga berat badan bayi. Sehingga bayi dapat lahir dengan berat badan yang normal dan terhindar dari kelahiran dengan berat badan rendah dan rakhitis neonatal pada kehamilan.

Meningkatkan Kecerdasan Otak Pada Janin

Susu kambing sangat baik untuk perkembangan otak pada janin. Ibu hamil yang mengkonsumsi susu kambing secara teratur akan mendapat khasiat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh ibu dan janinnya. Meminum susu kambing secara rutin juga dapat meningkatkan perkembangan otak pada janin yang masih berada dalam rahim.

Tidak Menimbulkan Alergi

Bagi anda yang alergi terhadap susu. Susu kambing bisa menjadi solusi yang alternatif bagi penderita alergi susu, karena kandungan senyawa penyebab alergi pada susu kambing lebih sedikit dibandingkan dengan senyawa pada susu sapi.

Meningkatkan Produksi ASI

Setelah melahirkan, pastinya para ibu menginginkan ASI yang lancar untuk memenuhi kebutuhan asupan pada bayi. Susu kambing sangat cocok untuk dikonsumsi untuk ibu yang tengah menyusui, karena pada dasarnya susu kambing dapat meningkatkan produksi ASI ibu menyusui.


Setelah membaca artikel ini pertanyaan Anda tentang "aman atau tidaknya mengkonsums susu kambing pada saat hamil" sudah terjawab, dan terbukti bahwa susu kambing sangat aman dikonsumsi bagi Anda yang sedang hamil. Anda tidak perlu mengkonsumsi susu kambing yang lansung dari ternaknya atau susu kambing yang masih mentah, karena susu mentah justru tidak aman. Jadi anda hanya perlu mengkonsumsi produk olahan susu kambing yang kini sudah banyak dijual di pasaran.