Manfaat Susu Kambing Untuk Bayi dan Balita



Susu kambing memang memiliki banyak sekali kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, kandungan itu antara lain kalsium, vitamin, protein, dan berbagai macam gizi yang sangat baik bagi tubuh. Apakah susu kambing boleh dikonsumsi oleh bayi atau balita? Ya tentu saja boleh, susu kambing boleh dikonsumsi bayi asalkan usia bayi tersebut sudah menginjak 6 minggu. Karena pada usia 6 minggulah bayi bisa menerima atau mencerna susu kambing tersebut.

Susu kambing merupakan susu yang memiliki kandungan hampir mirip dengan ASI, oleh sebab itu susu kambing bisa disebut sebagai susu terbaik kedua bagi manusia setelah ASI. Susu kambing bisa dijadikan solusi terbaik bagi seorang ibu yang memiliki kendala terhadap ASI yang dimilikinya, sehingga ia tidak dapat memberikan asupan ASI pada bayinya.

Kenapa harus susu kambing? Para peneliti menyebutkan bahwa susu kambing jauh lebih baik dibandingkan dengan susu formula, hal tersebut terjadi karena kandungan gizi, vitamin, dan nutrisi dalam susu kambing dapat diserap dengan mudah oleh bayi atau balita dibandingkan dengan susu formula atau susu lainnya selain ASI.

Manfaat Susu Kambing Untuk Bayi atau Balita

  • Susu kambing membantu mencegah resiko terjadinya gangguan pernafasan pada bayi atau balita.
  • Kandungan kalsium yang sangat tinggi mampu memaksimalkan pertumbuhan tulang dan gigi pada anak.
  • Kandungan B6 dalam susu kambing sangat baik dalam menjaga fungsi darah, kulit, dan sistem saraf dalam tubuh anak.
  • Susu kambing juga sangat ampuh dalam meningkatkan daya tahan tubuh anak, sehingga anak dapat terhindar dari berbagai penyakit yang mengincarnya.
  • Susu kambing memiliki sifat alamiah yang tidak akan menyebabkan alergi pada bayi.
  • Susu kambing memiliki sifat yang lembut bagi pencernaan, sehingga  bayi akan dengan mudah mencerna seluruh nutrisi yang terdapat dalam susu kambing.
Bagi anda para ibu yang memiliki masalah dengan ASI, ada baiknya jika anda menjadikan susu kambing sebagai alternatif ASI bagi bayi anda. Dan pilihlah susu kambing bubuk original  yang tidak mengandung rasa seperti coklat dan lainnya, karena ditakutkan bayi memiliki alergi terhadap rasa coklat atau rasa-rasa lainnya.

Namun, bagi anda para ibu yang tidak memiliki masalah dengan ASI. Sebaiknya anda memberikan asupan ASI pada bayi anda. Susu kambing pun juga sangat baik bagi Ibu yang sedang menyusui, karena dapat memberikan kelancaran serta tambahan nutrisi bagi ASI ibu tersebut.